Breaking News

Jerman Tuding Google Lakukan Monopoli



BERLIN - Jerman menuding raksasa internet Google telah menjelma menjadi perusahaan monopoli, sama seperti raksasa software Microsoft. Kementerian hukum Jerman menyebutkan, Google bisa menghadapi tuntutan hukum jika tidak transparan dalam mengelola informasi milik masyarakat.

Salah satu analis, Sabine Leutheusser-Schnarrenberger menilai Google telah mengumpulkan terlalu banyak informasi tentang penduduk melalui layanan mereka seperti Google Earth dan Google Books.

"Google menjadi kian besar dan kuat serta semakin memonopoli internet, sama seperti Microsoft," kata Sabine seperti dikutip dari Reuters, Selasa (12/1/2010).

"Respons awal saya terhadap permasalahan ini adalah tidak melarang atau mengehntikan sesuatu. Namun saya juga menginginkan Google lebih transparan dan meyakinkan bahwa pengguna tahu apa yang terjadi dengan data mereka," tambahnya.

Sabine berpendapat, Google memiliki kewajiban dalam hal ini dan ada banyak hal yang perlu dikembangkan. Jika tidak, Jerman akan segera melakukan tindakan hukum terhadap Google.

Sabine yang juga merupakan salah satu anggota dewan dari partai liberal juga pernah mengupayakan hukum terkait praktik spying atau pengintaian yang kian mengekang hak privasi warga Jerman pada sekira 1992 and 1996.

Juru bicara Google Jerman menyebutkan akan memenuhi permintaan untuk transparansi bagaimana mereka beroperasi dan menjanjikan beberapa perubahan sesuai dengan ketentuan negeri tersebut. (rah)
Enter your email address to get update from Blog Asal Palembang.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ketentuan berkomentar ;
* Dilarang berkomentar promosi
* Dilarang menautkan link aktif di kalimat komentar
* Dilarang berkomentar yang anda tidak suka jika hal itu terjadi di blog anda sendiri
Komentar yang melanggar akan terblokir secara otomatis
! Terkadang komentar akan dimoderasi karena banyaknya spam

Designed By