Breaking News

Wawancara Dengan Pemilik Aplikasi Bagi-Bagi (Gunawan TW)


bagi-bagi on facebookAplikasi Bagi-Bagi telah memiliki lebih dari lima puluh ribu (50.000) anggota dalam waktu yang cukup singkat. Ini bukti dari inovasi kreatif dari sang pemilik sekaligus pembuat Gunawan TW. Beberapa waktu lalu saya melakukan wawancara dengan pemilik aplikasi bagi-bagi ini, mudah-mudahan dengan wawancara ini kita bisa tau lebih dalam tentang aplikasi bagi-bagi sekaligus pemiliknya. Berikut hasil wawancara tersebut:

1. Tolong jelaskan aplikasi apa yang anda buat?

ini aplikasi di mana pengguna aplikasi di bayar untuk menjawab quiz yang tersedia. Quiz datang dari pemasang iklan yang bertujuan menarik pengunjung sebanyak-banyaknya ke websitennya. Ide ini d iilhami dari bisnis PTC. Saya melihat beberapa kekurangan dari bisnis PTC dan mencoba menawarkan hal yang baru. Di sini pemasang iklan, memberikan quiz agar pengunjung tidak hanya meng-klik kemudian diliupakan, namun pengunjung mencari jawaban quiz yang tersedia ke URL yang di sediakan sebagai petunjuk.

Dengan ini, tujuan pemasang iklan mudah2an tercapai, trafik dari pengunjung akan ia dapatkan, juga dapat sekaligus meng-edukasi calon pelanggan melalui quiz yang ia buat.

Siapa yang membayar? tentu saja pemasang quiz. jadi ini bukan scam loh.. dan pengguna sama sekali tidak perlu setor uang ke saya, kecuali bila dia ingin memasarkan produknya.

2. Kapan ide membuat aplikasi bagi-bagi terpikir?

Ide ini memang sudah lama saya pikirkan, namun di impelementasikan ketika menjelang akhir Juli 2009 sampai dengan sekarang. Ide akan terus di sempurnakan. Bila Anda telah join dari awal sampai dengan skerang ini, mungkin melihat beberapa fitur, hal yang telah banyak berobah, seiring dengan masukan, komentar dan saran dari anggota.

3. Apa atau siapa yang menginspirasi anda untuk membuat aplikasi bagi-bagi ?

Saya sudah lama memang ingin mempunyai bisnis onlinse seperti hal-nya dengan saudara kembar saya, Kukuh TW yang menurut saya sudah cukup berhasil menjalankan beberapa bisnisnya seprti kumpulbolgger.com, kronologger.com, petaproperti.com dan masih banyak sekali web site yang dia buat, saya sendiri tidak hapal ;-)

Setiap kali bertemu dengan dia, saya selalu di tantang untuk membuat sesuatu, menurut dia masih bayak sekali potensi2 yang belum di kembangkan khususnya di Indonesia.
Berangkat dari situ, saya coba terus mematangkan ide ini sejak awal sampai sekarang.

4. Perubahan apa yang paling terasa dihidup anda setelah membuat aplikasi bagi-bagi ?

Ada yang menawarkan kerja sama untuk membuat aplikasi berbasiskan facebook, tawaran yang sangat bagus, tapi untuk sementara ini saya belum siap dalam sisi menyediakan waktu untuk ini, mengingat saya masih kerja kantoran,Untuk menangangani aplikasi bagi-bagi ini saja, akhir-akhir ini saya sering tidur menjelang pagi, tapi nggak masalah, saya lakukan dengan senang hati :-)

5. Rata-rata apa tanggapan pengguna tentang aplikasi bagi-bagi ?

BIla melihat review dari aplikasi bagi-bagi, kita akan melihat skor sekitar 4 dari 5. Ini artinya lumayan bagus, belum lagi yang menulis di wall atau mengiriim email. Kebanyakn mereka salut atas ide ini dan kreativitas saya dalam meng-implemntasikannya ke platform facebook. Tentu saja, selain banyak yang memuji, juga banyak yang memberikan komentar pedas.

6. Tanggapan/komentar pedas apa yang paling anda ingat sampai saat ini ?

Kebanyakan tidak percaya, dan menuduh saya penipu. Mereka menyamakan bisnis ini dengan bisnis investasi, arisan, money game, sedot uang, dan lain lain yang seringkali ktia temui. Dari situ saya amati, kebanyakan yang berkomentar seperti itu adalah orang2 yang tidak mau repot2 mempelajari dengan seksama, tidak mau tahu cara kerja bisnis ini dan mereka terlalu cepat ambil kesimpulan.

Bila Anda sudah familiar dengan bisnis - bisins online seperti, adsense, adword, PTC, PPC, dan lain sebagainya saya rasa akan cepat mengerti dan paham mekanisme dari aplikasi bagi-bagi ini, terbukti dengan beberapa veteran online bisnis yang cepat tanggap danjoin ke aplikasi ini pada saat - saat awal aplikasi ini di luncurkan.

7.Bagaimana cara menanggapi tanggapan/komentar pedas tersebut?

Ini hal yang biasa, wajar kita temui dalam bisnis sehari-hari. ada baiknya juga, berarti ada yang perhatian ;-)

8. Kalau boleh tau, berapa penghasilan dari aplikasi bagi-bagi ? big grin

Belum terlalu besar lah :-)
Dari segi finansial belum terasa signifikan, karena kebanyakan quiz saya sendiri yang buat, artinya saya keluar duit sendiri, belum banyak yang pasang quiz....
Untuk menutup biaya operasional, saya sisipkan iklan dari kumpulblogger, adbrite, clickbank dan lain-lain. Cukup membantulah :-)

9. Kalau boleh tau (lagi? hehe), berapa biaya yang diperlukan untuk mengelola aplikasi bagi-bagi ? big grin

Biaya yang di keluarkan adalah biaya untuk hosting, biaya pembuatannya nol karena script saya buat sendiri jadi tidak perlu keluar biaya untuk menggaji programmer dan sistem analis.

10. Apa harapan kedepan untuk aplikasi bagi-bagi ?

Saya harapkan, model bisnis ini akan menjadi alternatif dalam mencari tambahan penghasilan di samping bisnis online lainnya seperti adsense, PTC, PPC dan lain sebagainya. Untuk "bagi-bagi" tentu saja, kami harapkan akan berkembang menjadi besar.

11. Ada pesan-pesan untuk pengguna aplikasi bagi-bagi ?

Saya amat sarankan kepada pengguna, dalam mengundang teman-teman untuk bergabung, gunakanlah cara-cara yang sopan, jangan kirim email blast. postng di group/milis yang tidak relevan, posting di profile orang lain dan lain sebagainya yang menjurus ke tindakan spam. Bila anda mempunyai blog, lebih baik tulis di sana seperti beberapa teman-teman lakukan, dan terbukti cara ini lebih efektif.

Saya juga ucapkan terima kasih atas dukungannya selama ini dan tetaplah sering2 berkunjung dan memberikan saran dan komentar :-)

Enter your email address to get update from Blog Asal Palembang.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ketentuan berkomentar ;
* Dilarang berkomentar promosi
* Dilarang menautkan link aktif di kalimat komentar
* Dilarang berkomentar yang anda tidak suka jika hal itu terjadi di blog anda sendiri
Komentar yang melanggar akan terblokir secara otomatis
! Terkadang komentar akan dimoderasi karena banyaknya spam

Designed By