Breaking News

Google Inggris 'Lari' dari Pajak?



LONDON - Raksasa mesin pencari Google dikabarkan telah menghindar dari pembayaran pajak di Inggris. Perusahaan yang memiliki moto perusahaan 'don't be evil' itu justru tak membayar pajak dari pendapatan iklan yang diterimanya pada 2008 yang mencapai sekira 1,6 miliar poundsterling.

Google justru mengalihkan seluruh pendapatan iklannya dari pelanggan di Inggris ke Irlandia. Sejumlah politisi Inggris pun mengkritik perusahaan tersebut akibat aksi penghindaran pajak itu.

"Reputasi Google perlahan akan hancur jika langkah seperti itu terus dilakukan," ujar seorang politisi partai Demokrat Liberal, Vince cable seperti dilansir Times, Kamis (31/12/2009).

Google pun membantah tudingan tersebut dan menyatakan bahwa perusahaannya patuh pada seluruh aturan pajak yang berlaku di Inggris. Perusahaan yang didirikan Sergey Brin tersebut meyatakan, kontribusi Google terhadap penerimaan pajak Inggris sangat besar.

Untuk diketahui 13 persen pendapatan global Google berasal dari Inggris. Di negeri ratu Elisabeth tersebut Google memiliki karyawan sekira 770. Seluruh pendapatan iklan Google memang dimasukkan ke pusat perwakilan Google Eropa di Dublin, Irlandia. Pada 2008 pajak yang dibayarkan Google di Irlandia mencapai sekira 7,5 juta Euro.

Menurut director of communications Google Peter Barron, investasi Google di Inggris sudah sangat besar dan kontribusinya bagi pajak baik lokal maupun pusat sangat besar.

"Kami patuh dengan seluruh aturan pajak di setiap negara dimana saja kami beroperasi," katanya. (ugo)
Enter your email address to get update from Blog Asal Palembang.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ketentuan berkomentar ;
* Dilarang berkomentar promosi
* Dilarang menautkan link aktif di kalimat komentar
* Dilarang berkomentar yang anda tidak suka jika hal itu terjadi di blog anda sendiri
Komentar yang melanggar akan terblokir secara otomatis
! Terkadang komentar akan dimoderasi karena banyaknya spam

Designed By